Solopos.com, KARANGANYAR — Candi Sukuh adalah candi bercorak Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit yang diperkirakan dibangun pada abad 15 M. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1842.

Berada di lereng kaki Gunung Lawu, Ngargoyoso, Karanganyar, konon Candi ini memiliki arsitektur yang menyimpang dari kitab pedoman bangunan suci.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Tak hanya itu, masyarakat yang pernah mengunjungi Sukuh berpendapat bahwa Candi ini memiliki relief dan arca yang berunsur tabu. Candi ini pun dikaitkan dengan mitos tentang tes keperawanan dan keperjakaan.

Menurut dugaan para ahli, Candi Sukuh dibangun untuk tujuan pengruwatan, yaitu menangkal atau melepaskan kekuatan buruk yang mempengaruhi kehidupan seseorang akibat ciri-ciri tertentu yang dimilikinya.

Dugaan tersebut didasarkan pada relief-relief yang memuat cerita-cerita pengruwatan, seperti Sudamala dan Garudheya, dan pada arca kura-kura dan garuda yang terdapat di Candi Sukuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya